Langsung ke konten utama

Ulasan 1 Pointers

Postingan kali ini akan mengulas sebuah video terkait salah satu materi week 04 Operating System. Saya akan memberi ulasan saya mengenai sebuah video yang bersumber dari youtube berjudul "Pointer types, pointer arithmetic, void pointers" yang diunggah oleh mycodeschool pada 18 februari 2013. Video ini berdurasi selama 10 menit 56 detik dan telah ditonton oleh pengguna youtube sebanyak 150.418 tayangan.

Video ini dibuka dengan penjelasan mengenai pentingnya variable pointer untuk tipe data tertentu. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat menyimpan alamat dari variable yang memiliki tipe data tertentu. Mengapa kita tidak menggunakan tipe yang generik sehingga dapat menyimpan alamat memory dari semua jenis variable? Kita tidak hanya menggunakan pointer variable untuk menyimpan alamatnya tetapi untuk mengarahkannya kembali ke alamat tersebut. Dengan begitu kita dapat mengakses dan memodifikasi nilai yang terdapat dalam alamat. Operasi yang diperbolehkan dalam Pointer aritmatik hanya operasi penambahan dan pengurangan. Void Pointer adalah salah satu tipe pointer yang memiliki tipe generic dimana tipe ini bisa saja tidak cocok dengan tipe data tertentu.

Opini saya terhadap video ini, dalam waktu 10 menit saya dapat mengerti dan memahami tipe variable pointer, pengoperasinya dan sebagainya. Hal ini didukung oleh si pembuat video yang menjelaskannya didukung dengan demo program serta teori penjelasan yang diberikan diawal.




GitHub Account : disaay
URL Ulasan : http://disaay.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-pointers.html
URL Video : https://youtu.be/JTttg85xsbo
Durasi : 10:56
Video Uploader : mycodeschool
Pemetaan : week04
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 19 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 Common Bootloader Commands

Pada postingan kedua ini, saya akan mengulas mengenai video 'Common Boot Loader Commands' yang diunggah oleh Professor Messer. Video berdurasi 5 menit 39 detik diunggah pada tanggal 10 Agustus 2013 dan telah ditayangkan sebanyak 14.014.

Dari video ini dijelaskan bahwa yang komputer ketahui hanyalah konfigurasi dasar perangkat keras tersebut seperti keyboard, RAM, dan masih banyak lagi. Kemudian setelah melakukan checking terhadap konfigurasi dasar perangkat keras, dilanjutkan ke control yang dinamakan bootstrap
loader atau bootloader. loader ini memuat program yang akan memuat operating system dari perangkat penyimpanan yang telah memiliki koneksi dengan komputer tersebut. Terdapat juga second stage bootloader yang akan membuat os berjalan dan akan memberikan lebih banyak pilihan untuk memuat operating sistem sesuai keinginan kita.

Command diperlukan apabila kita memiliki masalah pada os linux dan ingin mengkonfigurasi startup sistem kita. Dalam grub bootloader, kita dapat me…

RANKING00